You Are A Leader : Menjadi Pemimpin dengan Memanfaatkan Potensi Terbesar yang Anda Miliki~~~Arvan Pradiansyah


Buku “You Are A Leader : Menjadi Pemimpin dengan Memanfaatkan Potensi Terbesar yang Anda Miliki” ini adalah buku pertama yang ditulis oleh Arvan Pradiansyah dan diterbitkan pertama kali oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2003. Setelah mengalami cetak ulang yang ke-10, penulis merevisi buku ini agar lebih sesuai dengan konteks kekinian. Edisi baru buku ini diterbitkan oleh Kaifa pada tahun 2010. 

You Are a Leader ! Setelah melalui pemikiran yang panjang, akhirnya kalimat inilah yang dipilih sebagai judul buku ini. Kalimat ini sangat sederhana, tetapi mengemukakan satu fakta terpenting dalam hidup ini : “Setiap Anda pada dasarnya adalah seorang pemimpin.” 

Menjadi pemimpin adalah fitrah setiap manusia. Namun, karena satu dan lain hal, fitrah ini menjadi tersembunyi, tercemar, bahkan mungkin telah lama hilang. Akibatnya, banyak orang yang merasa dirinya bukan pemimpin. Mereka telah lama menyerahkan kendali hidupnya kepada orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Mereka perlu “dibangunkan” dan disadarkan akan besarnya potensi yang mereka miliki. 

Untuk membangunkan mereka, sebetulnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memperkenalkan satu kata kunci kepada mereka. Kata ajaib tersebut adalah “choice” yang berarti “pilihan”. Kata ini mengandung makna yang sangat dramatis. Siapa pun Anda, apa pun pekerjaan Anda, begitu Anda sadar bahwa Anda mempunyai pilihan, seketika itu juga Anda akan memegang kendali hidup Anda. Begitu Anda menyadari makna yang dikandung oleh kata “pilihan”, Anda akan langsung berubah menjadi seorang pemimpin. 

Namun, menemukan kekuatan “pilihan” sebenarnya barulah merupakan langkah awal untuk menjadi seorang pemimpin. Langkah berikutnya adalah menyadari bahwa setiap pilihan yang kita ambil senantiasa memiliki konsekuensi yang–sayangnya–tidak dapat kita atur. Konsekuensi ini diatur oleh sesuatu yang berada di luar kita, yaitu hukum alam. Kepemimpinan pada hakikatnya adalah mengambil pilihan dan konsekuensinya sekaligus. Keduanya berada dalam satu paket yang tidak dapat dipisahkan. Sikap menerima konsekuensi inilah yang disebut sebagai tanggung jawab (responsibility). Inilah hakikat kepemimpinan yang sebenarnya. Kepemimpinan sama sekali tidak ditentukan oleh faktor-faktor eksternal seperti yang biasa ada dalam dunia politik. Kepemimpinan adalah perjalanan ke dalam diri kita untuk menumbuhkan kekuatan pilihan dan tanggung jawab. Kesemuanya ini didasarkan pada pemahaman yang benar terhadap hukum alam.


No comments

Theme images by fpm. Powered by Blogger.