Rumah Idea : Plafon Kreatif — Imelda Akmal


Jika kita memasuki ruangan, mungkin plafon bukan hal pertama yang menarik perhatian kita. Alasannya adalah pandangan kita otomatis akan tertuju pada benda-benda yang tingginya sejajar dengan mata. Walalupun demikian, sesungguhnya mata dan otak kita secara tidak langsung sudah menyerap keberadaan plafon yang berada di atas kepala karena mata kita dapat menangkap bidang seluas 60 derajat dari tempat kita berdiri. Selain itu, sadarkah Anda bahwa seperti halnya lantai, plafon merupakan salah satu bidang yang paling luas dalam ruang ? Oleh karena itu, perannya jugabsangat besar dalam membentuk estetika interior ruang.

Beberapa fungsi penting diemban oleh plafon, salah satunya adalah penutup rangka atap atau kabel-kabel yang berseliweran di bawah atap. Berkat kehadirannya, tampilan ruang kita menjadi lebih bersih dan apik. Pada atap pelana atau jurai, plafon punya peran tambahan, yaitu sebagai pengatur suhu. Di sini ia berperan sebagai bantalan udara yang menghambat turunnya udara panas ke dalam ruang di bawahnya.

Satu lagi manfaat lain dari plafon adalah saat diolah sedemikian rupa, ia dapat mengpreksi bentuk ruang yang tidak seimbang. Sebagai contoh, plafon bisa membuat ruang yang rendah tampak lebih tinggi, atau sebaliknya, ruang yang terlalu tinggi menjadi terasa lebih seimbang. Pengolahan plafon yang tepat juga dapat membuat ruang sempit terasa lebih lega. Tidak percaya ? Buktikan sendiri dengan mempraktikkan trik-trik yang kami sajikan dalam Seri Rumah Ide kali ini yang membahas tentang Plafon Kreatif.

Sungguh sayang jika Anda tidak mencermati desain plafon dalam rumah Anda ! Apalagi sudah terbukti bahwa permainan desain plafon yang kreatif dapat membuat penampilan ruang di rumah kita terasa semakin istimewa. Selain itu, jangan lupa melewatkan pembahasan mengenai tren desain plafon terkini yang sedang digemari, yaitu plafon menerus. Seperti apakah bentuknya dan mengapa semakin banyak desainer yang menerapkannya dalam ruang rancangan mereka ? Lihat contoh-contoh desain yang diberikan di sini dan temukan sendiri jawabannya.


No comments

Theme images by fpm. Powered by Blogger.