Lecture Notes on Mathematical Olympiad Courses Vol.2 - Xu Jiagu




Mathematical Olympiad Series
ISSN: 1793-8570
Series Editors: Lee Peng Yee (Nanyang Technological University, Singapore)
Xiong Bin (East China Normal University, China)
Published
Vol. 1 A First Step to Mathematical Olympiad Problems
by Derek Holton (University of Otago, New Zealand)

Vol. 2 Problems of Number Theory in Mathematical Competitions
by Yu Hong-Bing (Suzhou University, China)
translated by Lin Lei (East China Normal University, China)

Lecture Notes on
Mathematical
Olympiad Courses
World Scientific
Xu Jiagu
For Junior Section Vol. 1


Meskipun kompetisi olimpiade matematika dilakukan dengan memecahkan masalah,
sistem Olimpiade Matematika dan kursus pelatihan terkait tidak bisa
hanya melibatkan teknik memecahkan masalah matematika. Sesungguhnya,
itu adalah sistem pendidikan maju matematika. Untuk membimbing siswa yang
tertarik pada matematika dan memiliki potensi untuk memasuki dunia Olympiad
matematika, sehingga kemampuan matematika mereka dapat dipromosikan secara efisien dan
secara komprehensif, penting untuk meningkatkan pemikiran matematis dan teknis mereka
kemampuan dalam memecahkan masalah matematika.
Seorang siswa yang sangat baik harus dapat berpikir secara fleksibel dan teliti. Di sini
kemampuan melakukan penalaran logika formal merupakan komponen dasar yang penting. Namun, itu
bukan yang utama. Pemikiran matematis juga mencakup aspek-aspek kunci lainnya, seperti
mulai dari intuisi dan memasuki esensi subjek, melalui prediksi,
induksi, imajinasi, konstruksi, desain dan kemampuan kreatif mereka. Bahkan,
kemampuan untuk mengubah beton menjadi abstrak dan sebaliknya diperlukan.
Kemampuan teknis dalam memecahkan masalah matematika tidak hanya melibatkan produksi
perhitungan dan pembuktian yang akurat dan terampil, metode standar yang tersedia,
tetapi juga teknik kreatif yang lebih tidak konvensional.
Jelaslah bahwa silabus biasa dalam pendidikan matematika tidak dapat memuaskan
persyaratan di atas, maka buku-buku pelatihan olimpiade matematika harus
mandiri pada dasarnya.
Buku ini didasarkan pada catatan kuliah yang digunakan oleh editor dalam 15 tahun terakhir untuk
Kursus pelatihan Olimpiade di beberapa sekolah di Singapura, seperti Victoria Junior
Perguruan Tinggi, Hwa Chong Institution, Nanyang Girls High School dan Dunman High
Sekolah. Cakupan dan kedalamannya secara signifikan melebihi dari silabus biasa, dan
memperkenalkan banyak konsep dan metode matematika modern.
Inti dari setiap kuliah adalah konsep, teori dan metode penyelesaian
masalah matematika. Contoh-contoh ini kemudian digunakan untuk menjelaskan dan memperkaya ceramah,
dan menunjukkan aplikasi mereka. Dan dari situ, sejumlah pertanyaan disertakan
agar pembaca mencoba. Solusi terperinci disediakan dalam buku ini.
Contoh yang diberikan tidak terlalu rumit sehingga pembaca bisa mengerti
mereka lebih mudah. Namun, soal latihan termasuk banyak dari yang sebenarnyakompetisi yang dapat digunakan siswa untuk menguji diri mereka sendiri. Ini diambil dari a
berbagai negara, mis. China, Rusia, AS dan Singapura. Khususnya, di sana
banyak pertanyaan dari China bagi mereka yang ingin lebih memahami matematika
Olimpiade di sana. Pertanyaan-pertanyaan dibagi menjadi dua bagian. Mereka di Bagian
A adalah untuk siswa berlatih, sementara mereka yang di Bagian B menguji kemampuan siswa untuk mendaftar
pengetahuan mereka dalam memecahkan pertanyaan persaingan nyata.
Setiap volume dapat digunakan untuk pelatihan beberapa minggu dengan beberapa
jam per minggu. Pertanyaan tes tidak dianggap sebagai bagian dari kuliah, karena
siswa dapat menyelesaikannya sendiri.
K. K. Phua

No comments

Theme images by fpm. Powered by Blogger.